KONSTRUKSI REALITAS POLITIK DALAM MEDIA MASSA

ANALISIS FRAMING PADA SITUS BERITA ONLINE MEDIAINDONESIA.COM TANGGAL 15 SEPTEMBER 2018 - 22 JANUARI 2019 DENGAN #PILPRES2019

  • Desmalinda Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sriwijaya
  • Alfitri Universitas Sriwijaya
  • Oemar Madri Bafadhal Universitas Sriwijaya
Keywords: Pilpres 2019, Konstruksi Realitas Politik, Framing

Abstract

Media memiliki peran dalam memberikan pendidikan politik kepada masyarakat. Kepemilikan media oleh para anggota partai menimbulkan keraguan atas independensi dan objektivitas terhadap berita yang dihasilkan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui konstruksi realitas politik pada situs berita online mediaindonesia.com tanggal 15 September 2018 - 22 Januari 2019 dengan #Pilpres2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif-deskriptif dengan objek penelitian 19 artikel yang dimuat dalam rubrik Editorial pada mediaindonesia.com tanggal 15 September 2018 sampai dengan 22 Januari 2019 dengan #Pilpres2019. Konstruksi realitas politik pada Mediaindonesia.com mengenai #Pilpres2019 dianalisis dengan teori analisis framing Pan dan Kosicki dan teori konstruksi realitas politik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konstruksi realitas politik dibangun melalui struktur sintaksis dengan elemen opini, pemilihan kata-kata atau leksikon mengandung retorika dan pemilihan tema yang sesuai. Konstruksi realitas yang dilakukan membentuk citra positif pada calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 01.

Published
2022-01-28