CITY BRANDING PARIWISATA KOTA PAGARALAM

STUDI PADA DINAS PARIWISATA KOTA PAGARALAM TAHUN 2019

  • Ahmad Ovi Roni Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sriwijaya
  • Retna Mahriani Universitas Sriwijaya
  • Faisal Nomaini Universitas Sriwijaya
Keywords: City Branding, Pariwisata, Wisatawan, Kota Pagaralam

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui city branding pariwisata Kota Pagaralam yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata Kota Pagaralam pada tahun 2019. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Wawancara mendalam dilakukan dengan dua informan utama dan tiga informan pendukung. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis dengan teknik analisis data yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Selain itu, data yang diperoleh juga dianalisis dengan enam dimensi City Brands yang dikemukakan oleh Simon Anholt, yaitu presence, potential, pulse, people, place, dan prerequisite. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum, city branding pariwisata Kota Pagaralam yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata Kota Pagaralam pada tahun 2019 sudah cukup baik. Hal ini didasarkan pada kesesuaian antara city branding pariwisata Kota Pagaralam dengan enam dimensi City Brands. Meskipun demikian, masih ditemukan beberapa kendala yang dihadapi dalam melaksanakan city branding.

Published
2022-01-28