http://kaghas.ejournal.unsri.ac.id/index.php/kaghas/issue/feed Kaghas: Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Sriwijaya 2022-01-29T09:11:49+00:00 Andries andrieslionardo@fisip.unsri.ac.id Open Journal Systems <p style="text-align: justify;">Kaghas: Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Sriwijaya merupakan jurnal penelahaan sejawat dengan akses terbuka yang berfokus pada pengembangan ilmu komunikasi. Kaghas: Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Sriwijaya diterbitkan oleh Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sriwijaya dengan tujuan utama untuk mendiseminasikan analisis kritis dan orisinil dari para akademisi, peneliti dan praktisi mengenai berbagai masalah ilmu komunikasi kontemporer baik lokal, nasional, maupun internasional. Artikel-artikel dalam Kaghas: Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Sriwijaya diterbitkan setelah menjalani proses peer-review yang memberikan analisis eksklusif dari berbagai macam perspektif. Kaghas: Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Sriwijaya bercita-cita untuk memberikan hasil studi berkualitas tinggi dan pemikiran baru bagi akademisi, peneliti dan pembuat keputusan untuk memecah kompleksitas dan dinamika isu-isu ilmu komunikasi kontemporer. Diterbitkan dua kali dalam setahun, bulan Mei dan November, Kaghas: Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Sriwijaya mengundang akademisi, peneliti dan praktisi dari berbagai macam disiplin ilmu untuk mengirimkan tulisan-tulisan analitik dan berkontribusi pada pengembangan ilmu komunikasi.</p> http://kaghas.ejournal.unsri.ac.id/index.php/kaghas/article/view/27 KONSTRUKSI REALITAS POLITIK DALAM MEDIA MASSA 2022-01-29T09:11:12+00:00 Desmalinda desmalinda03@gmail.com Alfitri alfitri@gmail.com Oemar Madri Bafadhal oemarmadri@gmail.com <p>Media memiliki peran dalam memberikan pendidikan politik kepada masyarakat. Kepemilikan media oleh para anggota partai menimbulkan keraguan atas independensi dan objektivitas terhadap berita yang dihasilkan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui konstruksi realitas politik pada situs berita <em>online</em> mediaindonesia.com tanggal 15 September 2018 - 22 Januari 2019 dengan #Pilpres2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif-deskriptif dengan objek penelitian 19 artikel yang dimuat dalam rubrik Editorial pada mediaindonesia.com tanggal 15 September 2018 sampai dengan 22 Januari 2019 dengan #Pilpres2019. Konstruksi realitas politik pada Mediaindonesia.com mengenai #Pilpres2019 dianalisis dengan teori analisis framing Pan dan Kosicki dan teori konstruksi realitas politik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konstruksi realitas politik dibangun melalui struktur sintaksis dengan elemen opini, pemilihan kata-kata atau leksikon mengandung retorika dan pemilihan tema yang sesuai. Konstruksi realitas yang dilakukan membentuk citra positif pada calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 01.</p> 2022-01-28T15:20:16+00:00 Copyright (c) 2022 Kaghas: Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Sriwijaya http://kaghas.ejournal.unsri.ac.id/index.php/kaghas/article/view/28 ANALISIS PENERAPAN PEDOMAN PERILAKU PENYIARAN DAN STANDAR PROGRAM SIARAN DALAM PROGRAM DR. OZ INDONESIA DI TRANS TV 2022-01-29T09:11:18+00:00 Meiliza Varsila meilizavarsila27@gmail.com Retna Mahriani retnam@gmail.com Hoirun Nisyak hoirunnisyak@gmail.com <p>Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3SPS) merupakan panduan yang penting untuk diterapkan oleh lembaga penyiaran agar audiens mendapatkan tayangan yang berkualitas. Tayangan program Dr. OZ Indonesia di Trans TV merupakan salah satu tayangan yang harus menerapkan P3SPS. Salah satu segmen dalam Program DR. OZ adalah segmen <em>sex education</em> dan P3SPS juga harus diterapkan dalam segmen tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3SPS) dalam segmen <em>sex education</em> pada program Dr. OZ Indonesia di Trans TV periode Januari 2018-April 2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini digunakan empat bab dalam P3SPS sebagai parameter, yaitu Penghormatan terhadap Nilai dan Norma Kesopanan dan Kesusilaan, Perlindungan Kepentingan Publik, Perlindungan Kepada Anak serta Larangan dan Pembatasan Konten Seksual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa P3SPS sudah diterapkan pada sebagian besar segmen <em>sex education</em> yang ditayangkan dalam Program Dr. OZ Indonesia antara Januari 2018-April 2019.</p> 2022-01-28T15:22:48+00:00 Copyright (c) 2022 Kaghas: Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Sriwijaya http://kaghas.ejournal.unsri.ac.id/index.php/kaghas/article/view/29 DIFUSI INOVASI PEMANFAATAN APLIKASI SMARTVOICE PADA PENYANDANG TUNANETRA DI SLB A PRPCN PALEMBANG 2022-01-29T09:11:24+00:00 M. Adhitsatya Wijaya moadhitsatya@gmail.com Hoirun Nisyak hoirunnisyak@gmail.com Oemar Madri Bafadhal oemarmadri@gmail.com <p>Telepon pintar merupakan perangkat yang banyak digunakan oleh masyarakat saat ini. Masyarakat menggunakan telepon pintar untuk melakukan berbagai aktivitas seperti berkomunikasi, mengakses sosial media dan mencari hiburan. Penyandang tunanetra yang mengalami kesulitan dalam melihat akan menghadapi kendala untuk menggunakan telepon pintar. Oleh karena itu, hadir sebuah inovasi aplikasi SmartVoice yang dapat membantu penyandang tunanetra dalam penggunaan telepon pintar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penyebaran inovasi pemanfaatan aplikasi SmartVoice penyandang tunanetra di SLB A PRPCN Palembang. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Difusi Inovasi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah proses difusi inovasi pemanfaatan aplikasi SmartVoice di SLB A PRPCN Palembang telah berjalan dengan baik meskipun terdapat beberapa hambatan yang dialami oleh calon <em>adopter</em>. Adapun hambatan tersebut disebabkan faktor ekonomi dimana calon <em>adopter</em> tidak mampu membeli perangkat telepon pintar. Hambatan lainnya adalah tidak tersedianya perangkat yang dikhususkan untuk calon <em>adopter</em> dalam mempelajari inovasi aplikasi SmartVoice.</p> 2022-01-28T15:23:26+00:00 Copyright (c) 2022 Kaghas: Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Sriwijaya http://kaghas.ejournal.unsri.ac.id/index.php/kaghas/article/view/30 IMITASI FASHION PENGGEMAR KARIN NOVILDA PADA AKUN INSTAGRAM @AWKARIN 2022-01-29T09:11:31+00:00 Feiza Salsabila Deka febbydeka05@gmail.com Hoirun Nisyak hoirunnisyak@gmail.com Oemar Madri Bafadhal oemarmadri@gmail.com <p>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui imitasi <em>fashion</em> penggemar Karin Novilda pada akun Instagram @awkarin. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam dengan 5 (lima) informan, observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis dengan menggunakan Teori Belajar Sosial yang dikemukakan oleh Albert Bandura untuk mengetahui proses internal dan proses eksternal dari perilaku imitasi yang dilakukan oleh para informan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses internal yang terdiri dari empat dimensi, yaitu : perhatian, pengingatan, peniruan dan motivasi telah dilakukan dengan baik oleh 4 informan karena mereka menyukai style fashion Karin Novilda. Sedangkan 1 informan lainnya tidak pernah mengikuti <em>fashion</em> Karin Novilda karena dirinya menggunakan hijab. Pada proses eksternal, penggemar melakukan perilaku imitasi untuk mendapatkan pengakuan dari orang lain. Unggahan foto pada akun Instagram @Awkarin tidak hanya berdampak pada <em>fashion</em> yang akan digunakan oleh penggemarnya, tetapi juga berdampak pada keberadaan sosial penggemar di kehidupan bermasyarakat dan kepuasan diri masing-masing penggemar.</p> 2022-01-28T15:24:03+00:00 Copyright (c) 2022 Kaghas: Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Sriwijaya http://kaghas.ejournal.unsri.ac.id/index.php/kaghas/article/view/31 STRATEGI HUMAS PT. KERETA API INDONESIA (PERSERO) DIVISI REGIONAL III PALEMBANG DALAM MEMBANGUN CITRA TRANSPORTASI MODERN LIGHT RAIL TRANSIT (LRT) PALEMBANG 2022-01-29T09:11:37+00:00 Presiensi Fauzi Zakharis fzakharis@gmail.com Andries Lionardo andrieslionardo@gmail.com Oemar Madri Bafadhal oemarmadri@gmail.com <p>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi humas PT. Kereta Api Indonesia Divre III Palembang dalam membangun citra <em>Light Rail Transit</em> (LRT) sebagai transportasi modern di mata masyarakat Palembang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam dengan 3<em> informants</em>, observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis berdasarkan Model Perencanaan Strategis <em>Public Relations</em> yang dikemukakan oleh dari Cutlip, Center &amp; Broom. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi humas PT Kereta Api Indonesia Divre III Palembang dalam membangun citra transportasi modern LRT dilakukan melalui strategi operasional, pendekatan persuasif dan edukatif, pendekatan tanggung jawab sosial, dan pendekatan kerjasama. Strategi operasional dilakukan melalui berbagai kegiatan guna mendengar dan merespon langsung opini publik mengenai LRT. Pendekatan persuasif dan edukatif dilakukan dengan menyebarkan informasi persuasif dan edukatif terkait LRT kepada masyarakat, salah satunya melalui #PayoNaikLRT. Pendekatan tanggung jawab sosial dilakukan melalui pemberian bantuan kepada masyarakat sekitar dan bidang pendidikan. Sedangkan pendekatan kerjasama dilakukan dengan pihak internal dan pihak eksternal seperti <em>media partner</em> dan instansi pemerintah. Secara keseluruhan, strategi humas yang dilakukan sudah berjalan dengan baik walaupun masih ada kekurangan dalam proses publikasi kepada masyarakat Palembang.</p> 2022-01-28T15:24:31+00:00 Copyright (c) 2022 Kaghas: Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Sriwijaya http://kaghas.ejournal.unsri.ac.id/index.php/kaghas/article/view/32 CITY BRANDING PARIWISATA KOTA PAGARALAM 2022-01-29T09:11:43+00:00 Ahmad Ovi Roni ovironi12@gmail.com Retna Mahriani retnam@gmail.com Faisal Nomaini faisalnomaini@gmail.com <p>Tujuan penelitian ini adalah mengetahui <em>city branding</em> pariwisata Kota Pagaralam yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata Kota Pagaralam pada tahun 2019. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Wawancara mendalam dilakukan dengan dua informan utama dan tiga informan pendukung. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis dengan teknik analisis data yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Selain itu, data yang diperoleh juga dianalisis dengan enam dimensi <em>City Brands</em> yang dikemukakan oleh Simon Anholt, yaitu <em>presence, potential, pulse, people, place, </em>dan <em>prerequisite</em>. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum, <em>city branding</em> pariwisata Kota Pagaralam yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata Kota Pagaralam pada tahun 2019 sudah cukup baik. Hal ini didasarkan pada kesesuaian antara <em>city branding</em> pariwisata Kota Pagaralam dengan enam dimensi <em>City Brands. </em>Meskipun demikian, masih ditemukan beberapa kendala yang dihadapi dalam melaksanakan <em>city branding</em>.</p> 2022-01-28T15:25:12+00:00 Copyright (c) 2022 Kaghas: Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Sriwijaya