Upaya Pengembangan E-Wom dalam Meningkatkan Brand Image Kafe Saviour Palembang

  • Dian Ayu Nurani Universitas Sriwijaya
  • Jihan Nurul Fatika Universitas Sriwijaya
  • Septia Anisa Universitas Sriwijaya
Keywords: E-Wom, Brand Image, Kafe, Media Sosial

Abstract

Saat ini, perubahan gaya hidup masyarakat cenderung candu akan penggunaan media sosial. Hal ini menjadi alasan kuat bagi para pemasar untuk mengoptimalkan produk new media tersebut guna menanamkan brand awareness di benak para konsumennya. Electronic Word of the Mouth (E-WOM) adalah salah satu sarana pemasaran yang digunakan Kafe Saviour Palembang dalam memperkenalkan brand image-nya melalui mulut ke mulut dengan menggunakan internet dan media sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya yang dilakukan pihak Kafe Saviour dalam meningkatkan brand image dengan memanfaatkan fenomena E-WOM sebagai hasil dari kecanggihan media sosial. Penelitian ini menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam terhadap para pengelola Kafe Saviour, observasi terhadap media sosial Kafe Saviour, dan studi pustaka terhadap sumber-sumber resmi yang relevan. Triangulasi digunakan dalam teknik analisis data untuk menguji, memperkuat dan memperkaya informasi yang telah didapatkan. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan metode deskriptif kualitatif melalui beberapa tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Upaya yang dilakukan oleh Kafe Saviour dalam mengembangkan E-WOM dilakukan dengan rencana strategis (2) Pengembangan E-WOM memberikan pengaruh pada brand image yang ditampilkan Kafe Saviour.

Author Biographies

Jihan Nurul Fatika, Universitas Sriwijaya

Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Sriwijaya

Septia Anisa, Universitas Sriwijaya

Ilmu Komunikasi Universitas Sriwijaya

Published
2021-10-21