STRATEGI HUMAS PT. KERETA API INDONESIA (PERSERO) DIVISI REGIONAL III PALEMBANG DALAM MEMBANGUN CITRA TRANSPORTASI MODERN LIGHT RAIL TRANSIT (LRT) PALEMBANG
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi humas PT. Kereta Api Indonesia Divre III Palembang dalam membangun citra Light Rail Transit (LRT) sebagai transportasi modern di mata masyarakat Palembang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam dengan 3 informants, observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis berdasarkan Model Perencanaan Strategis Public Relations yang dikemukakan oleh dari Cutlip, Center & Broom. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi humas PT Kereta Api Indonesia Divre III Palembang dalam membangun citra transportasi modern LRT dilakukan melalui strategi operasional, pendekatan persuasif dan edukatif, pendekatan tanggung jawab sosial, dan pendekatan kerjasama. Strategi operasional dilakukan melalui berbagai kegiatan guna mendengar dan merespon langsung opini publik mengenai LRT. Pendekatan persuasif dan edukatif dilakukan dengan menyebarkan informasi persuasif dan edukatif terkait LRT kepada masyarakat, salah satunya melalui #PayoNaikLRT. Pendekatan tanggung jawab sosial dilakukan melalui pemberian bantuan kepada masyarakat sekitar dan bidang pendidikan. Sedangkan pendekatan kerjasama dilakukan dengan pihak internal dan pihak eksternal seperti media partner dan instansi pemerintah. Secara keseluruhan, strategi humas yang dilakukan sudah berjalan dengan baik walaupun masih ada kekurangan dalam proses publikasi kepada masyarakat Palembang.