ANALISIS PERSONAL BRANDING AKUN @SIKONYOLS DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM
Abstract
Judul penelitian ini adalah Analisis Personal Branding Akun @sikonyols di Media Sosial Instagram, yang betujuan untuk mengetahui bagaimana Juju Onyols membangun sebuah personal brandingnya di media sosial Instagram. Personal branding merupakan sebuah seni dalam membentuk persepsi publik secara aktif mengenai diri kita. Salah satu media sosial yang aktif digunakan dalam pembentukan personal branding adalah media sosial Instagram. Juju Onyols merupakan salah satu individu yang menggunakan media sosial Instagram sebagai sarana pembentukan personal branding. Juju Onyols merupakan seorang konten kreator yang memiliki pengikut sebanyak 142 ribu dan selalu meningkat setiap harinya. Terdapat 8 dimensi dari sebuah personal branding yang baik, yaitu spesialisasi, kepemimpinan, kepribadian, perbedaan, terlihat, kesatuan, keteguhan, dan nama baik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data primer dilakukan melalui wawancara dengan narasumber utama dan narasumber pendukung. Serta pengumpulan data sekunder melalui artikel-artikel di internet dari website resmi. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa Juju Onyols @sikonyols berhasil membangun personal branding melalui media sosial Instagram dan dapat menciptakan citra yang sesuai seperti yang diharapkan.