MANAJEMEN PRODUKSI PRODUCTION HOUSE MUSI KREATIF INDONESIA DALAM PEMBUATAN VIDEO KLIP BUDI DOREMI “TOLONG”
Abstract
Penelitian ini berjudul untuk mengetahui manajemen produksi yang dilakukan oleh Musi Kreatif Indonesia dalam pembuatan Video Klip Budi Doremi “Tolong”. Peneliti menggunakan Teori Manajemen Produksi yang dikemukakan oleh Fred Wibowo dan menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan data yang diperoleh dari wawancara mendalam dengan dua informan utama dan satu informan pendukung, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, Musi Kreatif Indonesia (MKI) melakukan penemuan ide dengan baik dan benar melalui brainstorming yang dilakukan oleh produser dan sutradara. Kedua, MKI melakukan perencanaan sesuai dengan teori yaitu pembuatan jangka waktu kerja, estimasi biaya dan penentuan lokasi. Ketiga, MKI mengurus perizinan lokasi dengan baik menggunakan surat perizinan. MKI belum melakukan reka adegan secara maksimal dikarenakan tidak dilakukan sebelum shooting melainkan ketika hari shooting. MKI melakukan proses produksi sesuai dengan jangka waktu kerja dan shoot list yang dibuat dan disepakati. MKI tidak melakukan evaluasi setelah proses shooting per hari karena proses evaluasi diganti dengan proses briefing. MKI melakukan proses editing sesuai dengan teori dimana editor bekerja sama dengan sutradara untuk menggabungkan gambar hingga menjadi satu kesatuan. MKI telah melakukan proses penayangan dengan baik dan benar dengan menayangkan dan menonton bersama hasil video yang sudah diedit bersama dengan Budi Doremi. MKI tidak melakukan publishing karena peran MKI adalah sebagai rumah produksi yang menggarap video klip saja, sedangkan untuk publishing sepenuhnya tanggung jawab dari musisi, yaitu Budi Doremi.