PEMANFAATAN INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA DAKWAH (STUDI AKUN INSTAGRAM @YUKNGAJI)

  • Mochamad Syaefudin IAIN Syekh Nurjati Cirebon
  • Aisyatul Khoriyah IAIN Syekh Nurjati Cirebon
Keywords: Instagram, Media, Da’wah, @Yukngaji

Abstract

Media sosial berhasil mencapai popularitas paling tinggi di era serba digital sekarang. Salah satu yang paling di gandrungi  oleh masyarakat global saat ini adalah media sosial intragram.Intagram merupakan  media sosial berbasis gambar yang memberikan layanan berbagai foto atau video secara online. Instgram dapat mengunggah foto dengan menggunakan jaringan internet, sehingga informasi yang di sampaikan juga dapat diterima dengan cepat. Intagram dengan cepat mendapat popularitas dengan 800 juta pengguna pada september 2017. Penelitian ini  termasuk jenis penelitian pustaka (library research)  yang bersifat kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk  mendeskripsikan, menjelaskan dan memvalidasi temuan penelitian dengan data primer berupa lampiran kiriman dalam akun @yukngaji dan sumber data sekunder berupa dokumentasi buku serta  internet. Sedangkan metode pengumpulan data yang dilakukan adalah metode dokumentasi kemudian di analisis menggunakan analisa kualitatif dan disimpulkan secara induktif. Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa akun instagram @yukngaji memanfaatkan  semua fitur yang tersedia dalam instagram  sebagai media untuk menyebarkan pesan-pesan dakwah islam.  Perkembanngan media sosial terutama instagram yang sangat pesat, kini  banyak dimanfaatkan sebagai media dalam berdakwah bagi dai ataupun umat islam keseluruhan karena dakwah merupakan suatu kewajiban bagi umat islam.

Published
2024-06-27