ANALISIS KONTEN PEMASARAN BRAND FESYEN LOKAL DI MEDIA SOSIAL DALAM MEMBENTUK ENGAGEMENT
(Studi Kasus Pada Akun Instagram Kaos Nyenyes)
Abstract
Produk fesyen (fashion) saat ini sudah sangat beragam, dari brand global hingga brand lokal. Produk fesyen merupakan produk yang banyak dicari saat seseorang melakukan belanja online di media sosial. Brand lokal perlu membuat strategi yang tepat untuk bertahan dan menyamai brand global. Instagram sebagai media sosial yang paling banyak digunakan menjadi pilihan yang tepat untuk mediapemasaran dengan cara memberikan suatu konten yang dapat menarik perhatian konsumen. Salah satu brand lokal yang ada diInstagram adalah Kaos Nyenyes (@kaosnyenyes). Penelitian ini bertujuan menganalisis engagement berbagai jenis kontes Kaos Nyenyes di Instagram. Peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian yang digunakan yaitu metode Analisis Isi Kuantitatif dengan pendekatan deskriptif terhadap ungahan konten Instagram @kaosnyenyes. Populasi dalam penelitian ini adalah unggahan Instagram Kaos Nyenyes pada periode 1 Mei 2022 – 30 Juni 2022 dengan jumlah populasi sebanyak 177 unggahan. Hasilpenelitian menunjukkan pada periode 1 Mei 2022 – 30 Juni 2022 Kaos Nyenyes memiliki engagement tinggi pada kategori single photo, estetika visual klasik dan ekspresif, modalitas presentasi lean modality, serta pada visualisasi produk Cerita Palembang.