Meningkatkan Sosialisasi Kesehatan Mata Masyarakat Provinsi Sumatera Selatan Melalui Komunikasi Persuasif Humas Rumah Sakit Khusus Mata “Binar” Provinsi Sumatera Selatan

  • Muhammad Naufal Ramadhan Universitas Sriwijaya
  • Miftha Pratiwi Universitas Sriwijaya
Keywords: Komunikasi Persuasif, Hubungan Masyarakat, Sosialisasi Kesehatan

Abstract

Angka gangguan kesehatan mata yang dialami oleh masyarakat Provinsi Sumatera Selatan termasuk pada tingkatan yang tinggi. Oleh karenanya, Rumah Sakit Khusus Mata “Binar” Provinsi Sumatera Selatan melakukan upaya berupa Sosialisasi Kesehatan Mata secara langsung dan secara online guna memberikan edukasi kesehatan mata secara gratis kepada masyarakat. Namun, nyatanya upaya ini belum membuahkan hasil yang maksimal. Oleh karena itu, peneliti melakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui cara dalam meningkatkan minat masyarakat Provinsi Sumatera Selatan untuk mengikuti kegiatan Sosialisasi Kesehatan Mata secara langsung maupun secara online. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang didasari oleh Teori Komunikasi Persuasif oleh Myers (2012:309) dengna beberapa dimensi yakni komunikator, pesan, bagaimana pesan disampaikan, dan khalayak yang dimana hal ini bertujuan dalam memaksimalkan kegiatan persuasif terhadap masayrakat. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Sosialisasi Kesehatan Mata yang dilakukan secara langsung maupun secara online merupakan tindakan yang tepat untuk kesehatan mata masyarakat. Namun, kegiatan yang dilakukan belum optimal karena adanya hambatan pada komunikator, yaitu kurangnya sumber daya manusia, manajemen penjadwal yang kurang baik, serta kurangnya minat masyarakat terkait edukasi tentang kesehatan mata.

Published
2025-01-21