Impression Management Selebgram Universitas Sriwijaya Di Media Sosial Instagram
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami Impression Management yang dilakukan selebgram Universitas Ssriwijaya di media Instagram ditinjau dari kajian dramaturgi. Penelitian ini menggunakan teori manajemen impresi oleh Erving Goffman dengan perspektif kajian dramaturginya, Penelitian ini juga merupakan p penelitian deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data meliputi ; wawancara mendalam dan dokumentasi . Hasil dari pengolahan data menunjukkan bahwa pengelolaan kesan ( Impression Management ) Selebriti Instagram Universitas Sriwijaya ditinjau dari Kajian Dramaturgi di panggung depan Instagram dilakukan dengan berbagai strategi dan konsep yang berbeda . Untuk memunculkan kesan tersebut melalui manajemen impresi , Selebgram UNSRI ini melakukan kontinuitas pembentukan citra dan identitas dengan terus mengunggah konten - konten mengenai kekayaannya , kemampuan untuk menunjang kesan yang kecantikannya , kepintarannya dan aspek lainnya yang sengaja . ditonjolkan mereka sengaja bentuk di Instagram . Berbanding terbalik dengan apa yang terjadi di panggung depan , kesenjangan ditemukan di panggung belakang Selebgram yang nyatanya tidak sesuai dengan kesan yang ditampilkannya di Instagram . Di panggung belakang ini para Selebgram menunjukkan diri asli mereka sebagai dirinya sendiri tanpa harus memperhatikan perannya sebagai Selebgram.