Pengaruh Kualitas Iklan 50 Tahun Indomie #Terushidupkanseleraindonesia Dimoderasi Pengalaman Konsumen Terhadap Respon Afektif Khalayak

  • Della Finanda Universitas Sriwijaya
Keywords: Kualitas Iklan, Respon Afektif, Customer Experience

Abstract

Aktivitas komunikasi pemasaran dalam mempromosikan produk telah menjadi prioritas berbagai
sektor industri terutama sektor fast moving consumer goods (FMCG). Melalui berbagai media, perusahaan
bersaing untuk mendapatkan atensi dan respon emosional konsumen yang diyakini dapat meningkatkan
daya beli terhadap sebuah produk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas iklan
terhadap respon afektif yang dimoderasi oleh customer experience. Teori yang digunakan dalam penelitian
ini adalah teori periklanan yang dikembangkan oleh Morissan, teori respon dari Wells, Moriarty, Burnett,
dan Lwin, dan teori customer experience dari Schmitt. Penelitian ini dilakukan kepada 160 sampel yang
diambil menggunakan teknik sampling dari Hair dan menggunakan metode kuantitatif dengan teknik analisis
data structural equation model (SEM) dan software SmartPLS 3.0. Hasil penelitian menunjukan kualitas
iklan berpengaruh positif dan signifikan terhadap respon afektif dengan nilai path coefficient sebesar 0.757,
t-statistic sebesar 13.943, dan p value sebesar 0.000. Customer experience memoderasi secara positif
pengaruh antara kualitas iklan dengan respon afektif pada taraf tinggi dengan nilai F square sebesar 0.021,
nilai path coefficient sebesar 0.045 dan R square sebesar 0.756 atau 75.6% .

Published
2025-05-21