Mengkomunikasikan Keberlanjutan Perusahaan di Instagram: Analisis Konten pada Perusahaan Minyak dan Gas di Indonesia

  • Nys Azizah Universitas Sriwijaya
Keywords: Komunikasi Persuasif, Hubungan Masyarakat, Sosialisasi Kesehatan

Abstract

Merespon praktik-praktik komunikasi keberlanjutan perusahaan dan masih terbatasnya studi yang membahas
tentang praktik tersebut, studi ini dimaksudkan untuk mengeksplorasi penggunaan media sosial untuk
mengkomunikasikan keberlanjutan perusahaan. Sebuah dataset yang berisi 275 unggahan Instagram dari dua
perusahaan oil dan gas ditarik untuk analisis konten. Dengan memperkerjakan teori triple-bottom line, Perusahaan
cenderung mengungkapkan program lingkungan pada unggahan di Instagram perusahaan. Studi ini juga
menemukan bahwa perusahaan-perusahaan dalam studi ini jelas menggunakan Instagram mereka untuk
mengkomunikasikan keberlanjutan perusahaan dan tidak menangani masalah keberlanjutan dengan konsep triple
bottom line secara rinci untuk memenuhi harapan pemangku kepentingan. Perusahaan perlu menyeimbangkan
pelaporan konsep triple bottom line mereka tentang apa yang harus dirincikan. Pengungkapan CSR di media sosial
relatif singkat, kurang detail, tetapi lebih tepat waktu.

Published
2025-05-21