Literasi Digital Dan Intensi Individu Untuk Mengadopsi Mobile Banking

(Studi pada PT Bank Sumsel Babel Kantor Cabang Kabupaten Pali)

  • Rifa Anugrah Universitas Sriwijaya
Keywords: Literasi Digital, Persepsi, Intensi untuk Mengadopsisi

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk menguji dan menjelaskan apakah terdapat pengaruh literasi digital terhadap
intensi untuk mengadopsi m-banking BSB Mobile di Bank Sumsel Babel Cabang Kabupaten Penukal Abab
Lematang Ilir (Pali) yang dimediasi oleh persepsi terhadap kegunaan dan persepsi terhadap kemudahan. Teori
yan digunakan yaitu teori Technology Acceptance Model (TAM) dari Davis dan Theory of Planned Behavior (TPB) dari
Ajzen. Menggunakan teknik penelitian kuantitatif dengan jenis data yang digunakan pada penelitian ini adalah
kuesioner. Metode yang digunakan adalah non probablity sampling dengan pendekatan accidental sampling. Analisis
data menggunakan Structural Equation Model (SEM) yang diolah menggunakan perangkat lunak SmartPLS 3.
Terdapat 115 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi digital berpengaruh positif dan
signifikan terhadap intensi untuk mengadopsi m-banking BSB Mobile. Persepsi terhadap kegunaan dan persepsi
terhadap kemudahan berpengaruh positif dan signifikan sebagai variabel interveining dan berperan sebagai
partial mediation.

Published
2025-05-21