STRATEGI CITY BRANDING CHARMING PALEMBANG DALAM MENINGKATKAN DAYA TARIK WISATA KOTA PALEMBANG (STUDI PADA DINAS PARIWISATA KOTA PALEMBANG)

  • Aisyah Maudivani Triopansi Universitas Sriwijaya
  • Retna Mahriani Universitas Sriwijaya
  • Miftha Pratiwi Universitas Sriwijaya
Keywords: Komunikasi Pariwisata, Komunikasi Pemasaran, Citra Kota, Dinas Pariwisata

Abstract

City branding menjadi salah satu strategi yang digunakan oleh pemerintah daerah untuk memperkenalkan dan menciptakan citra tertentu sebuah kota. Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Palembang mempunyai tanggungjawab dari pemerintah daerah dalam melaksanakan strategi city branding Kota Palembang. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana strategi city branding yang dilakukan oleh Dispar Kota Palembang dalam meningkatkan daya tarik wisata Kota Palembang. Dalam penelitian ini digunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teori city branding oleh Kotler. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Dispar Kota Palembang telah melakukan strategi pemasaran melalui memperbanyak event, melakukan promosi di media sosial dan media massa, melakukan kerjasama dengan beberapa pihak pemerintah dan swasta. Dispar Kota Palembang juga melibatkan masyarakat dalam memasarkan city branding Charming Palembang. Meskipun telah melakukan berbagai strategi pemasaran, terdapat kekurangan dalam implementasi strategi city branding ini yaitu kurangnya pengetahuan masyarakat terhadap Charming Palembang, belum bervariatif dalam memasarkan atraksi wisata, kurangnya kualitas prasarana, dan partisipasi positif masyarakat dalam membangun city branding Kota Palembang. Peningkatan dan perbaikan dalam implementasi strategi city branding Charming Palembang ke depannya diperlukan agar dapat memberikan dampak berkelanjutan untuk meningkatkan daya tarik wisatawan ke Kota Palembang.

Published
2025-05-21