DRAMATURGI PADA MEDIA SOSIAL: PENGGUNAAN FITUR CLOSE FRIENDS DI INSTAGRAM
Abstract
Aplikasi Instagram sebagai media sosial menyediakan fitur baru pada pengaturan Instagram stories, yaitu fitur close friends. Instagram stories merupakan salah satu fitur dari Instagram yang dapat memberikan keleluasaan pengguna untuk mengunggah foto dan video kepada khalayak dengan jangka waktu hanya dalam 24 jam. Kemunculan fitur close friends pada pengaturan Instagram stories membuat pengguna lebih leluasa untuk menentukan kerahasiaan unggahan mereka dan menentukan siapa saja yang dapat melihatnya. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis dramaturgi terhadap pengguna media sosial Instagram tentang bagaimana cara pengguna menciptakan panggung depan dan panggung belakang. Data diperoleh dari wawancara deskriptif dengan metode penelitian kualitatif. Penelitian ini menggunakan teori digital dramaturgy yang memiliki tiga bagian yakni backstage, in-between region, dan front region. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengguna media sosial Instagram dalam penggunaannya memiliki dua panggung berbeda yang dapat ditunjukan dari konten akun utamanya dengan konten pada fitur close friends yang bersifat rahasia. Fenomena ini memiliki beberapa alasan mengapa hal tersebut dapat terjadi sesuai dengan kepentingan dan tujuan penggunaan dalam menggunakan media sosial Instagram.