Hiperrealitas Kebugaran dalam Media Sosial (Studi pada Unggah Foto Aktivitas Kebugaran Anggota Celebrity Fitness di Instagram)

  • Farisha Sestri Musdalifah Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sriwijaya
  • Prawinda Putri Anzari Universitas Negeri Malang
  • Risya Zahrotul Firdaus Pascasarjana Ilmu Komunikasi Universitas Indonesia
Keywords: Hiperrealitas, Simulasi, Citra, Kebugaran, Instagram

Abstract

Penelitian ini mengkaji fenomena unggah foto kebugaran di Celebrity Fitness melalui media sosial Instagram. Kegiatan tersebut menjadi tren bagi para anggota klub kebugaran untuk menampilkan aktivitas kebugarannya di media sosial. Hal ini membuat kebugaran itu sendiri menjadi bergeser, karena belum tentu unggahan foto kebugaran di Instagram mencerminkan realitas kebugaran yang sesungguhnya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan melakukan wawancara mendalam kepada kelas pekerja anggota Celebrity Fitness di Kota Jakarta. Temuan penelitian menunjukkan bahwa kegiatan unggah foto kebugaran merupakan simulasi yang sengaja dibentuk untuk menampilkan citra tubuh yang bugar. Di balik citra kebugaran yang ditampilkan di Instagram, ternyata hal tersebut dapat berbeda dengan kenyataannya. Media sosial Instagram dalam hal ini merupakan ruang terbaik terbentuknya hiperrealitas, di mana terdapat simulasi dalam unggahan foto yang telah dikondisikan sedemikian tupa agar terlihat lebih bugar daripada bugar yang sesungguhnya.

Published
2021-07-30