STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN SUNNY PRODUCTION DALAM MENDAPATKAN KEPERCAYAAN PELANGGAN

  • Muhammad Wafi Sriwijaya University
  • Retna Mahriani Universitas Sriwijaya
  • Miftha Pratiwi Universitas Sriwijaya
Keywords: komunikasi pemasaran, vendor, kepercayaan pelanggan

Abstract

Maraknya persaingan bisnis di dunia vendor, membuat vendor harus memiliki strategi komunikasi pemasaran yang tepat untuk bertahan di tengah ketatnya persaingan. Sunny Production merupakan vendor lokal di kota Palembang dengan pencapaian penjualan tertinggi jika dibandingkan dengan kompetitor. Penelitian ini melihat bagaimana strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Sunny Production dalam mendapatkan kepercayaan pelanggan. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teori komunikasi pemasaran oleh Philip Kotler dan Garry Armstrong dengan menggunakan metode kualitatif serta jenis data deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan pada dimensi produk Sunny Production menerapkan keragaman produk dan merek produk. Lalu, pada dimensi harga Sunny Production memberi daftar harga serta potongan harga pada client tertentu. Selanjutnya, pada dimensi promosi Sunny Production menggunakan periklanan, penjualan personal, serta pemasaran langsung. Setelah itu, Sunny Production melakukan penerapan alur distribusi, penentuan jenis transportasi, serta pemilihan lokasi gudang pada dimensi distribusi. Metode penjualan personal paling sering digunakan oleh Sunny Production melalui managing director dalam melakukan strategi komunikasi pemasaran untuk mendapatkan kepercayaan pelanggan.

Published
2021-10-21