STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN INDOSAT OOREDO REGIONAL BANGKA BELITUNG DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PELANGGAN

  • Vivin Ardiana Universitas Sriwijaya
Keywords: Humas, Strategi Komunikasi, PON XX, Publikasi

Abstract

Indosat Ooredo merupakan salah satu perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia. Dalam melakukan sebuah komunikasi pemasaran, tentunya PT Indosat Ooredo mempunyai strategi komunikasi tersendiri.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi pemasaran yang digunakan oleh PT Indosat Ooredo Wilayah Regional Bangka Belitung dalam meningkatkan jumlah pelanggan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kualitatif deskriptif sebagai pengumpulan data. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah teknik wawancara, observasi, dan kajian isi dokumentasi. Peneliti menggunakan teknik analisis data yang bersifat deskriptif dengan menggunakan analisis interaktif, dan teknik penetapan informan penelitian dengan teknik purposive. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa PT Indosat Ooredo telah menerapkan aspek-aspek dari teori bauran pemasaran yang terbagi menjadi empat aspek, yaitu: (1) Produk (product), (2) Harga (price), (3) Distribusi (place), dan (4) Promosi (promotion). Dari aspek produk, Indosat memiliki beragam produk yang dimiliki yang dirancang sesuai dengan kebutuhan pasar. Untuk harga, Indosat terkenal sebagai provider yang memiliki produk dengan harga yang cukup murah di pasaran meskipun kualitasnya dapat dinilai sebanding dengan provider lainnya. Dari segi pemilihan tempat, PT Indosat Ooredo dalam setiap penentuan tempat distribusi selalu melakukan riset terlebih dahulu yang menyesuaikan dengan target yang ingin dituju. Dari aspek promosi, Indosat memiliki dua konsep, yaitu direct sales dan indirect sels dalam melakukan periklanan.

Published
2024-06-27