Strategi Komunikasi Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Ogan Komering Ulu Dalam Sosialisasi Pilkada Serentak Tahun 2020 Di Masa Pandemi Covid-19

  • Syahria Kirana Universitas Sriwijaya
  • Raniasa Putra Universitas Sriwijaya
Keywords: Evaluasi Strategi Komunikasi, Pilkada Serentak 2020, Pandemi Covid-19

Abstract

Pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2020 di tengah-tengah situasi pandemi covid-19 berimplikasi pada tetap dilaksanakannya program strategi komunikasi untuk melakukan sosialisasi pada KPU Kabupaten OKU. Sosialisasi yang dilakukan tersebut bertujuan untuk menyebarkan informasi mengenai tahapan pilkada, meningkatkan partisipasi masyarakat pada pemilihan, dan memastikan bahwa pilkada yang dilakukan adalah kegiatan yang aman dari penyebaran virus covid-19. Dengan demikian, perlu dilakukan sebuah evaluasi terhadap strategi yang telah dilakukan. Evaluasi merupakan tahap akhir dari sebuah strategi komunikasi yang dijalankan oleh praktisi Humas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana evaluasi strategi komunikasi KPU Kabupaten OKU dalam sosialisasi pilkada serentak 2020 di masa pandemi covid-19. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Menggunakan teori evaluasi humas model PII (Preparations, Implementations, and Impact) yang dikemukakan oleh Cutlip, Broom and Center, ditemukan hasil penelitian bahwa pada tahap preparations sudah terdapat kesesuaian konsep perencanaan dan dilakukan secara maksimal. Sedangkan pada tahap pelaksanaan, terdapat hambatan berupa kurangnya SDM dan kontrol terhadap distribusi pesan sehingga mempengaruhi tahap dampak yang belum mencapai keseluruhan tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya.

Published
2024-08-15