Tingkat Kepuasan Menonton Program Indonesia Lawyers Club TVOne di Kalangan Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sriwijaya Kampus Indralaya

  • Amina Universitas Sriwijaya
  • Faisal Nomaini Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sriwijaya
  • Nurly Meilinda Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sriwijaya
Keywords: uses and gratification theory, penggunaan dan kepuasan media, kebutuhan informasi politik

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan mahasiswa menonton program siaran talkshow Indonesia Lawyers Club. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uses and Gratification Theory, Model Expectancy and Values. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan alat bantu kuesioner. Responden penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sriwijaya Kampus Inderalaya yang menonton acara Indonesia Lawyers Club. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepuasan menonton program siaran talkshow Indonesia Lawyers Club di TVOne dikalangan mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sriwijaya Kampus Inderalaya adalah cukup tinggi. Dengan melihat rasio skor kebutuhan pengguna dengan menonton program siaran talkshow Indonesia Lawyers Club di TVOne, hasil perhitungan nilai rata-rata GS (3,318) lebih besar dari nilai GO (3,289). Maka, nilai perhitungan tingkat kepuasan menonton program siaran talkshow Indonesia Lawyers Club di TVOne dikalangan mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sriwijaya Kampus Inderalaya adalah sebesar 3,304 dengan kategori cukup tinggi.

Published
2019-05-31